Selamat Datang di Website Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar. Program Studi Unggulan. SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS FAJAR TAHUN 2017 DI KAMPUS ENTREPRENEUR... UNGGUL DAN INOVATIF!

Jumat, 06 Mei 2016

Branding Bagi Usaha Kecil

Kini, pemasaran telah menjadi begitu kompleks dan penuh dengan jargon-jargon. Pada perusahaan-perusahaan besar hal ini dijalankan oleh banyak divisi fungsional yang berbeda mulai dari periklanan, pengembangan produk, design product, riset pasar, promosi penjualan, hingga divisi Public Relations.

Menurut Al Ries dalam bukunya The 22 Immutable Laws of Barnding, mengintegrasikan semua fungsi ini merupakan aktivitas yang kompleks. Nah perekat dari semua fungsi pemasaran tersebut adalah branding.

Melihat perkembangan Kota Makassar yang begitu pesat, saat ini banyak rumah-rumah penduduk yang dijadikan media dalam berpromosi khususnya dalam membangun brand sebuah produk. Branding produk yang sering kita temui, sebutlah branding perusahaan-perusahaan rokok, telepon seluler dan beberapa provider telepon. 

Bagaimana dengan branding bagi usaha kecil, yang tidak memiliki divisi marketing yang besar, bahkan sebagian besar kegiatan marketingnya dilakukan oleh owner atau pemiliknya langsung. Mereka banyak melakukan kegiatan marketingnya secara konvensional, Alasannya mudah saja, untuk menghindari operasional cost sehingga mendapatkan margin profit yang lebih besar.

Padahal betapapun kecilnya suatu perusahaan, tetap tidak dapat lepas dari proses marketing yang memperkenalkan sebagai sebuah teori promosinya. Tanpa branding dan merek keberlangsungan sebuah usaha diyakini tidak lama.

Secara sederhana, pemasaran pada dasarnya adalah membangun merek di benak konsumen. Jika mampu membangun merek yang kuat, maka dengan sendirinya anda juga memiliki program pemasaran yang tangguh, tapi jika tidak, apaun yang anda lakukan, baik Iklan, Promosi Penjualan, Public Relations, maupun cara lainnya, tidak akan mampu mencapai tujuan program pemasaran.

Secara umum, brand sama dengan trade mark atau merek dagang. Ada banyak istilah untuk menggambarkan aspek berbeda dari konsep brand mulai dari citra, reputasi, brand value, identitas, dan brand recognition.

Jadi, Seberapa pentingkah proses branding bagi usaha kecil? Jawabannya tentu sangat penting. 

Oleh: Abdul Jalil, S.Ksi, M.I.Kom
Dosen Ilmu Komunikasi
Universitas Fajar














EmoticonEmoticon