Selamat Datang di Website Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar. Program Studi Unggulan. SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS FAJAR TAHUN 2017 DI KAMPUS ENTREPRENEUR... UNGGUL DAN INOVATIF!

Sabtu, 04 Juni 2016

Yuk Intip! Kegiatan Coaching Leaders Himakom Unifa

MAKASSAR – Mahasiswa adalah sebuah kata yang mengandung banyak arti. Akan tetapi identitas kemahasiswaan tersebut sulit untuk diterjemahkan dalam bentuk aktualisasi yang ideal sebagaimana fungsinya, yakni agen perubahan, kontrol sosial dan berbagai fungsi oleh mahasiswa yang katanya “Kaum Intelektual”.

Terlihat dari krisis kepemimpinan muda negeri semakin memasuki fase akut. Banyak kalangan mengkhawatirkan budaya ‘manja’ yang menjangkiti generasi baru akan berdampak fatal pada kemandirian bangsa. Sangat masuk akal, ketika generasi muda yang menjadi harapan justru terjebak dalam lingkaran hedonis materialis dan konsumtif. Dapat dibayangkan, apa yang akan terjadi pada bangsa untuk 5 atau 10 tahun lagi. Oleh karena itu perlu sebuah usaha yang berkelanjutan agar generasi muda mampu menjadi tumpuan harapan. Sebuah generasi seperti yang dicita-citakan bersama.

Foto/Dok. Program Studi Ilmu Komunikasi (Himakom Unifa)

"Salah satu peserta Coaching Leaders, Axel terlihat aktif dan antusias" 

Sebagai salah satu jalan mencapai cita-cita tersebut, Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Fajar (HIMAKOM UNIFA) mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan (Coaching Leaders) bagi warga Komunikasi yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2014 dan 2015. Latihan Kepemimpinan ini diadakan di Pusat Diklat Kemendagri Regional Kota Makassar. Agenda yang merupakan program kerja dari pengurus Himpunan ini diikuti secara antusias dan aktif oleh peserta.

Foto/Dok. Program Studi Ilmu Komunikasi (Himakom Unifa)

"Peserta Coaching Leaders nampak terlihat serius mendengarkan materi"

Memang, mahasiswa yang diidentikkan sebagai kaum perubah (agent of change) diharapkan tidak hanya terperangkap dalam aktivitas akademis semata. Pengayaan diri melalui keaktifan di organisasi kampus menjadi kewajiban mutlak. Selain bertujuan meningkatkan mental kepemimpinan, organisasi juga mampu menciptakan mahasiswa yang siap menghadapi persoalan paska kehidupan kampusnya.

Menurut Fadly, Ketua HIMAKOM UNIFA, “Peserta yang ikut ini adalah bekal (mereka) untuk Musyawarah Besar nanti dan bekal calon pengurus di HIMAKOM UNIFA”, jelasnya saat dihubungi via Line, Sabtu (04/06).

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa. Selain mahasiswa mendapat bekal untuk aktif berorganisasi, mahasiswa tersebut diharapkan juga bisa membangun jiwa sensitifnya dalam memandang persoalan lingkungan disekitarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, terhitung sejak Hari Jum’at s/d Minggu (03 s/d 05 Juni 2016), diikuti oleh kurang lebih 45 orang peserta Coaching Leaders. Adapun materi-materi yang diberikan mulai dari Hakekat dan Esensi Kepemimpinan, Metode Persidangan, Mahasiswa dan Realitas Sosial, Dinamika Organisasi, Problem Solving, Manajemen Organisasi dan Trias Politika hingga Materi terkait organisasi Himpunan (KeHIMAKOMan).

Selain pemberian materi, para peserta Coaching Leaders juga diberikan hiburan berupa games dan juga kegiatan-kegiatan lainnya salah satunya berupa malam renungan serta Evaluasi materi.


EmoticonEmoticon