Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Deskripsi Prodi

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan sebuah program yang berupaya menghasilkan lulusan terbaik sebagai pelaku profesional pada bidang komunikasi. Perkuliahan di Program Studi Ilmu Komunikasi tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang senang berbicara saja. Sebab komunikasi merupakan sebuah kajian ilmu yang sangat luas dan intens. Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari komunikasi. Bagi yang suka menulis, desain grafis, dan fotografi juga cocok menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Materi pembelajaran yang ditawarkan mulai dari Public Speaking, Menulis Berita, Fotografi, Desain dan Animasi, Membuat Iklan, hingga Film. Program Studi ini akan membantu Anda memahami aspek-aspek komunikasi secara lebih mendalam dari segi teori dan praktik. Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar pun bergelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)

Ada beberapa tujuan didirikannya Program Studi Ilmu Komunikasi ini. Pertama, menghasilkan lulusan yang berkualitas serta memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting. Kedua, menghasilkan penelitian-penelitian dan karya kreatif dalam bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting. Ketiga, menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan dalam mengatasi masalah-masalah masyarakat khususnya di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting. Terakhir, terjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang bermanfaat dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Rumusan tujuan tersebut merupakan hasil khusus yang diharapkan dari lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan standar yang dituntut oleh pemangku kepentingan internal dan eksternal, termasuk tuntutan dunia kerja yang sejalan dengan visi misi Program Studi Ilmu Komunikasi. Profil kompetensi tersebut diharapkan dimiliki oleh lulusan, baik yang bekerja dalam bidang jurnalistik, public relations, atau broadcasting. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tujuan tersebut.

  1. Tujuan pertama terkait dengan penguasan pengetahuan konseptual dan praktis dalam bidang komunikasi yang merupakan tujuan utama pendidikan yang dijalankan oleh Prodi Ilmu Komunikasi
  2. Tujuan kedua terkait dengan kemampuan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuannya dalam masyarakat termasuk dalam perannya sebagai tenaga kerja pada perusahaan maupun sebagai masyarakat umum. Hal ini sejalan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UNIFA.
  3. Tujuan ketiga terkait dengan kemampuan lulusan untuk mengembangkan sendiri pengetahuan yang dimiliki, serta mengembangkan solusi atas masalah-masalah yang muncul dalam komunikasi. Hal ini sesuai dengan tujuan pelaksanaan penelitian Prodi Ilmu Komunikasi UNIFA baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa.

Ada beberapa konsentrasi yang dimiliki oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Fajar. Berikut adalah konsentrasi tersebut beserta penjabarannya.

  1. Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional di bidang jurnalistik seperti reporter media cetak, radio, televisi, media online, editor, produser berita, penulis artikel, dan jurnalis foto. Standar kompetensi mampu melaksanakan tugas-tugas dasar jurnalisme seperti peliputan, penulisan, dan penyajian melalui media massa.
  2. Broadcasting. Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional di bidang broadcasting seperti reporter radio, televisi, media online, editor, produser siaran (program): berita, musik, dan Standar kompetensi mampu melaksanakan tugas-tugas dasar jurnalisme seperti peliputan, penulisan, editing, dan penyajian melalui media elektronik.
  3. Public Relations (PR). Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional yang mampu bekerja sebagai PRO pada instansi pemerintah maupun perusahaan serta PR pri Standar kompetensi mampu melaksanakan tugas-tugas dasar PRO seperti lobi, negosiasi, presentasi, dan public speaking, menulis dan memproduksi media PR, mengelola konferensi pers, serta mendesain media promosi.

Lulusan dari Program Studi Ilmu Komunikasi diharapkan mampu memiliki beberapa kompetensi khusus. Pertama, unggul, inovatif, mandiri, bermartabat, dan berbudaya. Kedua, kompetensi dan profesionalisme di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting. Ketiga, kecakapan hidup dan karakter entrepreneur agar mampu menghadapi tuntutan dan tantangan dunia kerja. Keempat, penelitian-penelitian dan karya komunikasi dalam bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting.