Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Peta Kurikulum

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar yang berlaku pada tahun ajaran 2015/2016 disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada kurikulum ini ditetapkan beberapa capaian pembelajaran (learning outcome) yang menggambarkan kompetensi lulusan. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang mengelompokkan kompetensi lulusan dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Capaian pembelajaran di bawah ini sesuai dengan instruksi yang ada dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Sikap dan Keterampilan Umum diambil dari lampiran peraturan tersebut. Sementara penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus dikembangkan sendiri sesuai dengan profil lulusan yang dirumuskan. Pembelajaran dalam hal penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus ini memiliki capaian yang mencakup bidang-bidang komunikasi utama. Bidang-bidang tersebut adalah Public Relations, Broadcasting, dan Jurnalistik.

Berikut adalah capaian pembelajaran dari kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi untuk kategori Sikap.

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki  nasionalisme,  serta  rasa  tanggung jawab  pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Menjunjung tinggi dan menerapkan etika profesi.

Setelah itu ada pula Penguasaan Pengetahuan yang berbeda dari masing-masing konsentrasi. Berikut adalah penjabarannya.

  1. Public Relations.
  2. Menguasai pengetahuan tentang sistem sosial, budaya, hukum, ekonomi, dan politik
  3. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip komunikasi dalam berbagai konteks.
  4. Menguasai konsep dan teori bidang public relations.
  5. Menguasai pengetahuan praktis Public Relations dalam berbagai setting organisasi.
  6. Memahami posisi, fungsi, dan peran Public Relations dalam masyarakat.
  7. Mengetahui tentang perkembangan teknologi komunikasi.
  8. Memahami pengetahuan tentang hukum, norma, dan etika.
  9. Menguasai prinsip manajerial dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations.
  10. Menguasai metode riset dalam bidang Public Relations.

 Mahasiswa Public Relations diharapkan mampu menguasai keterampilan khusus berikut.

  1. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Public Relations.
  2. Mampu mengelola media dan program komunikasi di bidang PR.
  3. Memiliki keterampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan terkait fungsi dan peran public relations.
  4. Memiliki keterampilan merencanakan dan menangani krisis komunikasi, konflik dan masalah komunikasi korporat.
  5. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan PR dengan berpedoman pada hukum, norma, dan kode etik profesi.
  6. Memiliki kemampuan membangun hubungan dengan komunitas, media, pemerintah, dan berbagai publik terkait.
  7. Memiliki keterampilan menggunakan teknologi komunikasi yang terkait dengan bidang penerapan PR termasuk Cyber PR
  8. Memiliki kemampuan melakukan riset di bidang public relations.
  9. Menguasai pengetahuan tentang sistem sosial, budaya, hukum, ekonomi, dan politik.
  10. Menguasai pengetahuan komunikasi massa.
  11. Menguasai konsep dan teori dalam bidang penyiaran (radio, TV, film, internet)
  12. Menguasai bahasa jurnalistik.
  13. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
  14. Menguasai pengetahuan tentang hukum, norma, kode etik jurnalistik, dan P3SPS.
  15. Menguasai prinsip manajerial dalam pengelolaan lembaga dan bisnis media.
  16. Menguasai prinsip manajerial dalam kegiatan penyiaran.
  17. Menguasai metode perencanaan dan penelitian dalam bidang penyiaran.

Mahasiswa Broadcasting diharapkan mampu menguasai keterampilan khusus berikut.

  1. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang penyiaran.
  2. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam bidang penyiaran.
  3. Memiliki kemampuan persuasi dan komunikasi antarpribadi dalam menjalin hubungan dengan sumber berita.
  4. Memiliki kemampuan dalam mewawancarai, menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita.
  5. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan penyiaran dengan berpedoman pada hukum, norma dan P3SPS.
  6. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang penyiaran.
  7. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah bidang penyiaran.
  8. Memiliki keterampilan melakukan berbagai teknik riset dalam bidang penyiaran dan media massa
  9. Menguasai pengetahuan tentang sistem sosial, budaya, hukum, ekonomi, dan politik.
  10. Menguasai pengetahuan komunikasi massa.
  11. Menguasai konsep dan teori dalam bidang jurnalistik (surat kabar/radio/TV/internet)
  12. Menguasai bahasa jurnalistik.
  13. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
  14. Menguasai pengetahuan tentang hukum, norma, dan kode etik jurnalistik.
  15. Menguasai prinsip manajerial dalam pengelolaan lembaga dan bisnis media.
  16. Menguasai prinsip manajerial dalam kegiatan jurnalistik.
  17. Menguasai metode perencanaan dan penelitian dalam bidang jurnalistik

Mahasiswa Broadcasting diharapkan mampu menguasai keterampilan khusus berikut.

  1. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang jurnalistik.
  2. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam bidang jurnalistik.
  3. Memiliki kemampuan persuasi dan komunikasi antarpribadi dalam menjalin hubungan dengan sumber berita.
  4. Memiliki kemampuan dalam mewawancarai, menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita.
  5. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik dengan berpedoman pada hukum, norma, dan kode etik jurnalistik.
  6. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang jurnalistik.
  7. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah jurnalistik.
  8. Memiliki keterampilan melakukan berbagai teknik riset dalam bidang jurnalistik dan media massa

Sementara keterampilan umum yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dari berbagai konsentrasi, adalah sebagai berikut.

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Jumlah SKS (minimum untuk kelulusan) bagi mahasiswa yang mengambil konsentrasi Public Relations adalah 150 SKS dan 149 SKS untuk mahasiswa Broadcasting dan Jurnalistik yang tersusun dalam tabel berikut.

Jenis Mata Kuliah

SKS

Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

143/144

a.  9 SKS mata kuliah wajib nasional

b.  14 SKS mata kuliah wajib universitas

c.  73 SKS mata kuliah wajib prodi

d. 48 SKS mata kuliah wajib konsentrasi (public relations)

e.  47 SKS mata kuliah wajib konsentrasi (broadcasting)

f.   47 SKS mata kuliah wajib konsentrasi (jurnalistik)

Mata Kuliah Pilihan

6

a.  6 SKS mata kuliah pilihan dapat dipilih dari mata kuliah pilihan I dan pilihan II (wajib) konsentrasi lainnya.

Jumlah Total

149/150

 

Mahasiswa akan dibagi peminatannya (Public Relations, Broadcasting, dan Jurnalistik) pada Semester 3 sesuai dengan minat dari masing-masing mahasiswa. Mata kuliah dan urutannya telah disusun sesuai dengan standar kompetensi atau learning outcomes yang ditetapkan sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari adanya prasyarat pada mata kuliah. Sebagai contoh, mata kuliah Teori Komunikasi II (Semester III) hanya dapat diambil oleh mahasiswa apabila telah mengikuti matakuliah Teori Komunikasi I (Semester II). Berikut struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah semester demi semester dengan format tabel berikut.

 

SMT

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot sks

SKS Mata Kuliah dalam Kurikulum

Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara

Inti**

Institusional

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

 

 

 

 

 

 

 

I

 

Agama

 

 

 

 

 

10000AIS3

A.    Islam

3

 

FEIS

 

10000AK3

B.     Kristen

3

 

FEIS

 

10000PDK3

Pancasila & Kewarganegaraan

3

 

FEIS

 

20000EPS3

Entrepreneurship I

3

 

UNIFA

 

31012PIK3

Pengantar Ilmu Komunikasi

3

 

PRODI

 

31012PFL3

Pengantar Filsafat Ilmu & Logika

3

 

PRODI

 

31012ATR2

Antropologi

2

 

PRODI

 

31012SSI2

Sosiologi

2

 

PRODI

 

10000BHI3

Bahasa Indonesia

3

 

FEIS

 

 

 

 

 

 

 

II

31012DBR3

Dasar-Dasar Broadcasting

3

 

PRODI

 

31012DDP3

Dasar-Dasar Public Relations

3

 

PRODI

 

31012DJR3

Dasar-Dasar Jurnalistik

3

 

PRODI

 

31012EFJ2

English For Communication I (English For Journalism)

2

 

PRODI

 

31012TK13

Teori Komunikasi I

3

 

PRODI

 

20000PSE3

Entrepreneurship II

3

 

UNIFA

 

31012SIK3

Sosiologi Komunikasi

3

 

PRODI

 

31012LBD3

Komunkasi Lintas Budaya

3

 

PRODI

 

 

 

 

 

 

 

III

31012PSO3

Psikologi Komunikasi

3

 

PRODI

 

31012FOT3

Fotografi

3

 

PRODI

 

31012TK23

Teori Komunikasi II

3

 

PRODI

 

 

Pilihan 1

3

 

PRODI

 

31012EFB2

English For Communications II (English For Broadcasting)

2

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Public Relations :

 

 

31012PBR3

Personal Branding

3

 

PRODI

 

31012TPT3

Teknik Presentasi & Pitching

3

 

PRODI

 

31012MKT3

MC & Keprotokoleran

3

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Broadcasting :

 

 

31012JEK3

Jurnalistik Elektronik (Radio/TV)

3

 

PRODI

 

31012TKE3

Teknik Kamera Elektronik

3

 

PRODI

 

31012TAM3

Teknik Animasi

3

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Jurnalistik :

 

 

31012TPW3

Teknik Reportase Wawancara Dan Menulis Berita

3

 

PRODI

 

31012BJK3

Bahasa Jurnalistik

3

 

PRODI

 

31012PEF3

Penulisan Feature

3

 

PRODI

 

 

 

 

 

 

 

IV

20000ESP3

Entrepreneurship III

3

 

UNIFA

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Public Relations :

 

 

31012DGT3

Disain grafis dan tata letak

3

 

PRODI

 

31012COC3

Corporate communication

3

 

PRODI

 

31012PPR3

Penulisan naskah PR

3

 

PRODI

 

31012EOR3

Event organizer

3

 

PRODI

 

31012IMC3

Integrated marketing communication

3

 

PRODI

 

31012CEP3

Customer & employee relations

3

 

PRODI

 

31012PAC3

Public affair & CSR

3

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Broadcasting :

 

 

31012VAE3

Video & audio editing

3

 

PRODI

 

31012SIN3

Sinematografi

3

 

PRODI

 

31012FDD3

Feature and documentary

3

 

PRODI

 

31012RTA3

Radio and tv announcing

3

 

PRODI

 

31012LMI3

Laporan mendalam dan investigasi

3

 

PRODI

 

31012PPB2

Penyiaran public, komunitas dan bisnis

2

 

PRODI

 

31012ME13

Manajemen media elektronik I

3

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Jurnalistik :

 

 

31012DGT3

Disain grafis dan tata letak

3

 

PRODI

 

31012PKF3

Penulisan kreatif

3

 

PRODI

 

31012JK13

Jurnalisme khusus I

3

 

PRODI

 

31012LDI3

Laporan mendalam dan investigasi

3

 

PRODI

 

31012PPB2

Penyiaran public, komunitas dan bisnis

2

 

PRODI

 

31012TMA3

Teknik menulis artikel dan editorial

3

 

PRODI

 

31012MJ13

Manajemen media jurnalistik I

3

 

PRODI

 

 

 

 

 

 

 

V

31012EMM3

Hukum dan etika media massa

3

 

PRODI

 

31012SEK3

Semiotika komunikasi

3

 

PRODI

 

31012EFP2

English for communication III (English for public relations)

2

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Public Relations :

 

 

31012TEP3

Teknik promosi

3

 

PRODI

 

31012PRM3

Produksi media PR

3

 

PRODI

 

31012MER3

Media relations

3

 

PRODI

 

31012IMR3

Image & reputation (PR campaign)

3

 

PRODI

 

31012ICH3

PR issue and crisis handling

3

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Broadcasting :

 

 

31012PMD3

Pemasaran media

3

 

PRODI

 

31012TOF3

Teori film

3

 

PRODI

 

31012STO3

Studio operation

3

 

PRODI

 

31012LIM3

Literasi media

3

 

PRODI

 

31012ME23

Manajemen media elektronik II

3

 

PRODI

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Jurnalistik :

 

 

31012PMD3

Pemasaran media

&l